Perbedaan Teknik, Metode, dan Strategi

Seringkali kita merasa bingung ketika seseorang bertanya tentang Strategi, Metode dan Teknik. Apakah semuanya itu sama? ataukah berbeda? Baiklah, izinkan saya untuk menjawab hal tersebut dengan mengutip dari sebuah buku dengan judul "Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif)",

Kita Mulai dari Teknik
                                                       (gambar diambil dari internet)

Teknik adalah jalan, alat, atau media yang digunakan oleh guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik ke arah tujuan yang ingin dicapai (Gerlach dan Ely, 1980).

Berikutnya adalah Metode

 
(gambar diambil dari internet)

Metode pembelajaran didefinisikan sebagai cara yang digunakan guru, yang menjalankan fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran lebih bersifat prosedural, yaitu berisi tahapan tertentu, sedangkan teknik adalah cara yang digunakan, yang bersifat implementatif. dengan perkataan lain, metode yang dipilih oleh masing-masing guru adalah sama, tetapi mereka menggunakan teknik yang berbeda.

Apabila dikaji kembali, definisi strategi pembelajaran yang dikemukakan oleh beberapa ahli, maka jelas disebutkan bahwa strategi pembelajaran harus mengandung penjelasan tentang metode/prosedur dan teknik yang digunakan selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan perkataan lain, stratengi pembelajaran mengandung arti yang lebih luas dari metode dan teknik. Artinya, metode/prosedur dan teknik pembelajaran merupakan bagian dari strategi pembelajaran.

                                          (gambar diambil dari internet)

Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang akan digunakan oleh pengajar untuk memilih kegiatan yang akan digunakan selama proses  pembelajaran.  Demikianlah perbedaan  Teknik, Metode, dan Strategi. Semoga bermanfaat. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Iman Kepada Rasul

Mufrodat tentang Makanan dan Minuman